Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 370
Wednesday, August 28, 2013

Kandidat dari Parpol Tak Layak?

Diposting oleh: 
Editor

JAKARTA, (PRLM).- Ada sejumlah asumsi yang menyebut jika pilkada mengalami penurunan partisipasi pemilih diakibatkan kandidat yang diajukan parpol tidak layak dan tidak sesuai harapan rakyat.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/8/2013). “Di DKI Jakarta, golputnya tinggi, di Jawa Barat, Jawa Tengah, juga tinggi. Tetapi apa kandidatnya tidak layak? Golput ini didominasi keputusasaan publik akibat pengopinian politik oleh media. Media bertanggung jawab melakukan pendidikan politik,” ujar Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar itu.

Peran media juga berpengaruh dalam memberikan contoh pendidikan politik. Semisal, pemberitaan tentang anggota DPR yang kembali ke daerah pemilihannya saat masa reses. Selama ini, agenda rutin anggota dewan itu tertutupi oleh pemberitaan negatif tentang partai politik dan anggota DPR. Padahal, ada banyak anggota DPR yang kembali ke dapil dan menggelontorkan uang reses bagi kebutuhan publik di dapil, secara transparan dan akuntabel.

“Bagaimana jika anggota DPR tidak balik ke dapilnya? Bisa-bisa dimaki warga di dapilnya. Kami meminta kepada masyarakat untuk betul-betul menggunakan hak pilihnya itu dengan terlebih dahulu mengenali partainya. Jangan memvonis, karena faktor tingginya golput akibat pembentukan opini media yang memberitakan tidak ada bagusnya DPR,” tuturnya.

Sebetulnya, golput hanya lah pengistilahan dari keputusan seseorang dalam menggunakan hak pilihnya. Meskipun hak memilih tidak digunakan, namun, hal itu tidak memengaruhi keabsahan hasil pemilu.

“Semakin banyak golput pun, dalam konteks keabsahan itu tetap sah, tetap legitimate, tidak ada masalah. Saya cenderung melihat ada unsur bagusnya jika ada yang golput, daripada orang tersebut dalam situasi marak praktik money politic memilih karena faktor suap,” tuturnya. (A-196/A-26).***

sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/248305

Skip Comments

Add new comment

Back to Top