Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 380
Friday, November 22, 2013

Dinamika Internal Sebagai Penggerak Mesin Partai Golkar

Diposting oleh: 
Reporter

Jelang Pemilu 2014 nanti, Partai Golkar akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 22-23 November 2013 dengan agenda memfokuskan pada pemenangan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.

Mendekati pelaksanaan Rapimnas, dinamika internal ditubuh Partai Golkar muncul yakni ketika usulan pengikutsertaan Pengurus DPD II Partai Golkar (Dewan Pimpinan Daerah setingkat Kabupaten/Kota) sebagai peserta Rapimnas.

Usulan tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tanjung, yang juga merupakan Mantan Ketua Umum Partai Golkar Tahun 2004.

Bagi beberapa pihak, hal ini dilihat sebagai manuver yang memiliki agenda tertentu, karena dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) atau konstitusi Partai Golkar, peserta Rapimnas adalah DPD I (setingkat provinsi), Organisasi Sayap Partai Golkar, Dewan Pertimbangan Partai Golkar dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua Departemen Hukum dan HAM DPP Partai Golkar yang juga Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa, mengatakan bahwa DPP sebagai pemegang amanat pelaksanaan Rapimnas tidak khawatir dengan usulan tersebut.

Lebih jauh Ia menegaskan bahwa, DPP Partai Golkar sebenarnya tidak tertarik membahas yang diluar AD/ART. Karena menurutnya DPP dalam Rapimnas nanti akan fokus pada hasil Rapimnas sebelumnya yaitu mengamankan target kemenangan untuk Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden di tahun 2014 nanti.

“Saya pastikan suasana partai Golkar saat ini solid untuk menghadapi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden jadi kalau ada agenda lain di luar itu, DPP tidak tertarik dan tidak akan berkembang,” ujar Agun.

Menurutnya, Partai Golkar adalah partai yang terdiri dari person-person yang sudah matang dalam berorganisasi maupun berdemokrasi. Sehingga usulan, ide atau gagasan yang berbeda-beda dalam internal Partai Golkar merupakan dinamika demokrasi internal. Disisi lain hal tersebut semakin menghangatkan mesin Partai Golkar untuk bergerak maksimal dalam kompetisi Pemilu 2014.

“Soal itu DPP melihatnya sebagai sebuah perhatian, agar Partai Golkar bekerja lebih keras lagi, jangan santai, apalagi diam dan terlena karena berbagai hasil survey yang selalu menempatkan Partai Golkar diposisi teratas dalam Pemilu 2014,” kata Agun.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top