Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 308
Friday, February 21, 2014

Partai Golkar Andalkan Saksi Terlatih dan Militan di TPS

Diposting oleh: 
Editor

Kamis 20 Februari 2014, Partai Golkar melakukan rapat Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP) di DPP Partai Golkar di Slipi Jakarta. Salah satu agenda adalah mempersiapkan percepatan rekruitmen dan pelatihan saksi. Bagi Golkar, perekrutan saksi menjadi bagian penting untuk mengawal kemenangan Golkar pada pemilu mendatang.

Sekjen DPPPartai Golkar Idrus Marham mengatakan bahwa keberadaan saksi sangat penting sebagai pengamanan suara. Kedepan demi kepentingan pemenangan Golkar, Kordapil dan Kordaprov sangat penting untuk mengawasi rekruitmen saksi.

"Pada Maret nanti, perekrutan dan pelatihan saksi akan menjadi tahapan terakhir dari persiapan menuju pileg 9 April," kata Idrus.

Dijelaskannya, untuk Februari ini, akan difokuskan pada workshop dan pelatihan Jurkamda-Jurkamda. "Untuk sekarang ini, tinggal Papua, Maluku, Gorontalo, Sulsel, Jateng, DKI, Aceh, Jabar, Sumut, Riau dan Yogyakarta yang belum melaksanakanya. Untuk Jurkamda harus kita selesaikan semua pada bulan ini," ujarnya kembali.

Sembari berjalan, perekrutan untuk saksi harus juga dipercepat. Kita, katanya, butuh 560.000 saksi yang sangat penting untuk pengamanan suara. Langkah-langkah teknis perekrutan saksi dibahas dengan sistematis, termasuk materi apa yang penting untuk disampaikan dalam pelatihan saksi nanti.

"Saksi selain penting bagi pemenangan partai, juga krusial untuk menjaga pemilu dari kecurangan-kecurangan yang terjadi," ulasnya.

Pada saat yang sama, dalam konteks perekrutan saksi, Agun Gunanjar Sudarsa mengatakan, Golkar sama sekali tidak terpengaruh dengan isu dana saksi yang disubsidi oleh pemerintah. Golkar akan tetap jalan melakukan perekrutan saksi, melatihnya dan memberikan honor pada hari H pelaksanaan pemilu.

Selain itu, Agun meminta dalam rekruitmen saksi harus benar-benar kader yang terlatih. Kader partai yang tidak takut dengan gertakan saksi-saksi atau orang lain yang hendak merusak suara partai. Dibutuhkan kader yang militan, yang siapa berjuang untuk kemenangan partai dan menghindarkan pemilu dari kecurangan.

"Saksi merupakan hal yang sangat penting. Perlu dikoordinasikan dengan baik. Pengkoordinasiaan yang baik akan dapat memenangkan Golkar pada pemilu mendatang," ujarnya.

Dari hasil rapat koordinasi juga diputuskan, pelaksanaan rekruitmen sendiri akan diberikan tanggungjawab sepenuhnya kepada BKPP Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk pelatihan saksi tergantung pada kesiapan BKPP Kabupaten/Kota masing-masing. BKPP Pusat juga akan mencatak buku saksi kurang lebih sebanyak 600.000.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top