Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 332
Friday, February 28, 2014

Pilkada Provinsi Lampung Dijamin Berlangsung Bersamaan Dengan Pileg

Diposting oleh: 
Editor

Tarik ulur pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur – Wakil Gubernur Provinsi Lampung akhirnya tuntas sudah. Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Lampung telah memutuskan pelaksanaan pemungutan suara berlangsung 9 April 2014 atau bersamaan dengan pelaksanaan pemilu legislatif (Pileg).

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Selasa (25/2) usai membuka CSR Sumatera Summit 2014 di Palembang mengatakan, “Pilkada Provinsi Lampung sudah kita fasilitasi berulang-ulang, jangan bilang sekali. Terakhir saya kirim tim ke sana dan sudah disepakati antara KPU Provinsi Lampung dan Pemerintah Provinsi Lampung dan kini tinggal mem-follow up.”

Proses Pilkada Provinsi Lampung saat ini sudah menetapkan nomor urut pasangan calon. “Itu berarti sudah ada follow up. Mudah-mudahan bisa berlangsung sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU Provinsi,” kata Gamawan Fauzi.

Mengenai pendanaan Pilkada Provinsi Lampung menurut Mendagri, sekarang tinggal proses pencairan dananya oleh pemerintah daerah ke KPU Provinsi. “Persyaratan pencairan dana ke KPU Provinsi sudah kita atur dan sudah diberikan petunjuknya,” ujar Gamawan Fauzi.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR melihat pelaksanaan Pilkada Provinsi Lampung yang di serentakan dengan Pileg sangat realistis dan harus didukung oleh semua pihak.

"Saya setuju Pilkada Provinsi Lampung dijadikan pada hari yang sama dengan Pileg. Pertimbangan saya teknis saja, tidak politis. Kalau pada hari yang berbeda, artinya akan ada dua beban pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang berbeda oleh KPU Provinsi. Karena pekerjaannya (Pilkada dan Pileg) secara teknis sebenarnya sama. Dan dari segi pemilih, kalau dijadikan satu kan tinggal melengkapi keperluan yang ada (surat suara), karena orang yang datang juga sama, hak pilih warga (DPT) daftarnya juga sama. Tinggal KPU Provinsi melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang Pilkada Provinsi lampung yang di serentakan dengan Pileg”, ujar Agun di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (27/2).

Ditempat lain terkait persiapan, menurut Komisioner KPU Provinsi Lampung, Solihin, anggaran saat ini belum cair karena sesuai naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yang dilakukan beberapa waktu lalu, dana paling lambat dicairkan Pemerintah Provinsi Lampung dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), 5 Maret mendatang.

Sedangkan terkait pengaturan jadwal kampanye antara Pilkada Provinsi Lampung dan Pileg, Solihin mengatakan KPU Provinsi Lampung kini tengah menyusun jadwal kampanye secara terpisah dengan pola pemisahan jadwal dan lokasi kampanye sedemikian rupa, hingga nantinya tidak akan terjadi benturan di lapangan.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top