Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 364
Friday, March 28, 2014

Wahai Pejabat, Fasilitas Negara Hanya Untuk Kepentingan Rakyat

Diposting oleh: 
Editor

Sebagaimana diketahui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertolak ke Lampung pada Rabu (26/3/2014) siang setelah menggelar rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta. Di Lampung, Ketua Umum Partai Demokrat Yudhoyono berkampanye di hadapan ribuan kader dan simpatisan Partai Demokrat. Menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, keberangkatan dan kepulangan SBY dibiayai pemerintah meski dalam kepentingan kampanye.

Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa menilai tak etis cara yang dilakukan oleh Presiden SBY dengan menggunakan pesawat yang disewa pemerintah, untuk kegiatan kampanye partainya. Seharusnya, Yudhoyono tak memanfaatkan fasilitas negara dalam melakukan kegiatan partai.

“Tak seharusnya demikian, mereka yang dipilih rakyat ini harus menjaga kepercayaan rakyat dengan menjaga etika. Sebagai pejabat seharusnya mereka malu terhadap rakyat karena telah menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kelompok. Namun, niat berkuasa menenggelamkan etika. Ini yang namanya sudah tak punya malu” kata Agun Kamis (27/3/2014).

Sebenarnya, lanjut Agun, ke depan harus diatur secara lebih jelas soal pejabat negara yang berkampanye. Karena sekarang di UU Desa, untuk seorang kepala desa sudah dilarang berkampanye. “Tak ada bedanya, antara kepala desa, bupati, gubernur dan presiden. Kalau kepala desa saja, dilarang kampanye. Maka ke depan, biar pejabat negara bupati sampai presiden tak terlibat kampanye. Mereka biat fokus mengurus bidang tugasnya,” jelas Agun.

Apalagi soal pemanfaatan fasilitas negara untuk kampanye, katanya, ke depan harus dihindari. Cara tersebut tak etis serta tak memberikan pendidikan politik yang baik. “Demokrasi yang kita bangun memang belum matang. Tetapi, kita harus berusaha menuju ke arah lebih baik dalam berdemokrasi,” kata Politisi Partai Golkar ini.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top