Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
You voted 3. Total votes: 351
Thursday, July 3, 2014

Aturan Turunan UU ASN Diprioritaskan

Diposting oleh: 
Editor

Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa memberikan apresiasi terhadap Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang bergerak cepat dalam upaya menyelesaikan sejumlah aturan turunan UU ASN (aparatur sipil negara) yaitu pembahasan RPP (rancangan peraturan pemerintah) yang terus dilakukan oleh pihak pemerintah. Ia berharap sejumlah RPP dapat rampung sebelum Oktober.

“Sekarang masih dalam tindakan tim, tinggal dilaporkan pada presiden dan selesai,” ujarnya.

 
Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan, selain menyusun RPP dan Rancangan-Peraturan Presiden (R-Pepres), pemerintah juga melakukan seleksi terhadap calon komisoner KASN yang juga merupakan amanat dari UU ASN. Menurutnya, DPR menargetkan  masa waktu enam bulan sejak UU ASN disahkan, KASN sudah terbentuk.
 
Namun meski RPP belum rampung, semangat KemenPAN menyelesaikan seluruh amanat UU ASN menjadi penilaian tersendiri di mata Agun. “Ini salah satu prestasi buat KemenPAN-RB,” pungkasnya.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar di Gedung DPR, Senin (30/6) mengatakan, saat ini terdapat 19 RPP dan 4 R-Perpres , dimana 3 RPP sudah masuk tahap finalisasi.

Berdasarkan amanat UU ASN, sebanyak 19 RPP telah disetujui untuk disusun lebih lanjut. RPP dibentuk sebagai aturan pelaksana UU, sehingga UU dapat dengan mudah diterapkan di lapangan.
 
RPP tersebut diantaranya tentang kode etik ASN, jabatan administrasi dan kompetensi, hak ASN dan kewajiban pegawai ASN, sementara 5 RPP dibahas dengan antar kementerian dan juga RPP yang mengatur tentang tata cara pembentukan tim seleksi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Sedangkan untuk fungsi, tugas dan tanggungjawab sekretariat KASN diatur dalam R-Pepres” ujarnya.
 

Skip Comments

Add new comment

Back to Top