Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
You voted 4. Total votes: 300
Saturday, August 9, 2014

Bukan Mustahil, Pangandaran Jadi Kabupaten Metropolitan

Diposting oleh: 
Editor

Ketua Komisi II DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip.,M.Si, belum lama ini, meminta Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, fokus mengembangkan potensi sumber daya alam (SDA). Sebab sedikit banyaknya, SDA Pangandaran dapat mendatangkan pendapatan bagi daerah.

Menurut Kang Agun, sapaan akrab Agun Gunadjar Sudarsa, Pemkab Pangandaran harus lebih berani lagi untuk melakukan pemerataan perekonomian. Salah satunya, menurut dia, Kecamatan Kalipucang  sangat bagus bila dijadikan sentral perekonomian Kabupaten Pangandaran.

Lebih lanjut, Kang Agun menuturkan jika sentral perekonomoan dipusatkan di Kalipucang, maka akan terjadi perputaran uang yang sangat hebat. Selain itu, aktifitas dan pendapatan masyarakat akan semakin bertambah.

Kalipucang merupakan daerah yang strategis dan merupakan salah satu pintu gerbang antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dengan sendirinya, masyarakat yang ada di daerah Cilacap Jawa Tengah akan tersedot masuk ke Kalipucang untuk melakukan aktifitas perekonomiannya.

Terlebih jika di daerah ini dibangun Mall atau Hypermarket yang menyediakan segala kebutuhan masyarakat, mulai dari kerajinan tangan khas Pangandaran sampai kebutuhan sembako.

Untuk Kecamatan Pangandaran, Agun menyarankan agar kecamatan ini fokus pada sektor kepariwisataan. Artinya Kecamatan Pangandaran ini khusus untuk para wisatawan baik asing ataupun domestik.

Sedangkan kecamatan lainnya, seperti Cijulang, Kang Agun menyarankan agar wikayah ini dijadikan sebagai pusat transportasi. Salah satu pertimbangannya adalah keberadaan Bandar Udara (bandara) Nusawiru. Kemudian Parigi, menjadi kawasan pusat Pemerintahan Kabupaten Pangandaran.

“Empat kecamatan ini merupakan jalur emas Kabupaten Pangandaran. Bukan hal yang tidak mungkin, Pangandaran kedepan bisa menjadi kabupaten metropolitan,” pungkasnya.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top