Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 106
Thursday, April 14, 2016

Tahapan Penyelenggaraan Munaslub Golkar Selesai Dirumuskan

Diposting oleh: 
Editor

[JAKARTA] Tahapan penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar selesai dirumuskan oleh Panitia Pengarah atau Steering Committee (SC) Munaslub yang diketuai Nurdin Halid.

Menurut Sekretaris SC Munaslub Golkar Agun Gunandjar Sudarsa, tahapan Munaslub diawali dengan penetapan kriteria calon ketua umum.

"Munaslub diawali dengan penetapan kriteria calon ketua umum. Kriteria itu harus memenuhi persyaratan objektif dan subjektif," ujar Agun di Jakarta, Senin (11/4).

Persyaratan objektif adalah harus memenuhi ketentuan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai seperti prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela.

Sementara persyaratan subjektif di antaranya membuat pakta integritas, penandatanganan siap kalah dan siap menang, tidak akan eksodus ke partai lain atau membentuk partai baru, serta tidak boleh melakukan praktik traksaksional dengan cara mempengaruhi orang untuk memilih dengan cara menggunakan uang di arena munas maupun sekitar munas.

"Syarat-syaratnya sendiri dipersiapkan oleh komite pemilihan," ujar Agun.

Kemudian setelah kriteria disusun, maka akan dibuka proses pendaftaran dan diharapkan dalam waktu dekat sudah bisa diumumkan para bakal calon ketua umum partai beringin.

Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi terhadap bakal calon ketua umum tersebut, termasuk juga verifikasi terhadap kepesertaan munas secara keseluruhan.

"Kalau itu semua sudah beres, hasilnya diserahkan ke komite sosialisasi dan kampanye. Nanti komite sosialisasi dan kampanye harus segera menyusun pedoman kriteria supaya adil," jelas dia.

Rencananya kampanye dan sosialisasi kandidat ketua umum akan dibagi berdasarkan lima zona, masing-masing Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, serta Bali.

Pada saat bersamaan komite pemilihan akan menentukan jadwal penyelenggaraan debat publik kandidat Ketua Umum Golkar yang rencananya berlangsung akhir April 2016.

"Debat publik itu akan dilakukan di televisi untuk lebih menyosialisasikan hal-hal yang berkenan dengan Munaslub karena kita ingin bangkit dari ketertinggalan dari partai lain.

Kemudian, pada akhirnya Munaslub akan diselenggarakan pada 7-8 Mei 2016 di Bali. Munaslub Golkar rencananya akan dibuka oleh Presiden Jokowi.

Agun menyampaikan para peserta Munaslub diharapkan sudah hadir di Bali pada tanggal 6 Mei 2016 agar seluruh peserta dapat tepat waktu menghadiri pembukaan Munaslub.

Pemilihan tertutup Agun menekankan pada saat pemilihan ketua umum, seluruh pemegang hak suara akan melakukan pemilihan di dalam bilik tertutup. Hal ini guna memastikan pemilihan berlangsung secara jujur dan adil tanpa tekanan dan intimidasi.

Dia mengatakan seluruh ketentuan Munaslub akan diselesaikan sebelum pembukaan Munaslub, agar penyelenggaraan Munaslub tidak diliputi perdebatan yang hanya membuang-buang energi.

Munas Golkar akan dihelat 7-8 Mei 2016 di Bali dengan agenda utama pemilihan ketua umum.

Sejumlah nama yang belakangan sudah menyatakan siap maju antara lain, Ade Komaruddin, Airlangga Hartarto, Aziz Syamsuddin, Idrus Marham, Indra Bambang Utoyo, Mahyudin, Priyo Budi Santoso, Setya Novanto, Syahrul Yasin Limpo, Zaki Iskandar dan lain-lain. [Ant/L-8]

Skip Comments

Add new comment

Back to Top